Fungsi Perangkat Keras Dan Sistem Operasi, Serta Aplikasi
Fungsi Perangkat Keras Dan Sistem Operasi, Serta Aplikasi

Mengenal Fungsi Perangkat Keras Dan Sistem Operasi, Serta Aplikasi.

Posted on

Fungsi Perangkat Keras Dan Sistem Operasi, Serta Aplikasi – Pengertian dari hardware atau dalam bahasa indonesia-nya disebut juga dengan “perangkat keras” adalah salah satu atau bagian komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses kerja komputer atau komputerisasi.

Disisini kami akan berbagi informasi tentang pengelompokan Hardware agar kalian dapat dengan lebih mudah untuk menggunakan sesuai fungsinya pada komputer. Berikut ini adalaha pengelompokan perangkat keras (Hardware) pada komputer:

1.Input Device : Perangkat input atau masukan.

2.Process Device: perangkat yang menjalankan proses sistem pada komputer.

3.Output Device: perangkat output atau keluaran yang menghubungkan sistem pada komputer.

4.Storage Device: Perangkat untuk menyimpan.

1.Input Device

Input device merupakan perangkat komputer yang memiliki fungsi sebagai input atau masukan, baik itu perintah dalam menjalankan sistem pada komputer. Ada beberapa perangkat yang masuk kedalam kategori input device, diantaranya adalah sebagai berikut:

Keyboard : berfungsi untuk mengetik huruf an angka serta perintah pada komputer
Mouse : berfungsi untuk menjalankan perintah klik kiri dan klik kanan, menggerakkan pointer, serta menjalankan perintah dengan klik
Touchpad : berfungsi layaknya mouse, touchpad ini biasanya sebagai pengganti mouse dan biasa di jumpai pada laptop.
Tidak hanya itu, masih banyak lagi perangkat input seperti scanner, joystik, voice record, dan lainnya.

2.Process Device

Unit ini fungsinya untuk mengolah data yang sudah di masukkan melalui perangkat keras masukan. Berikut akan dijelaskan satu persatu yang termasuk dalam perangkat-perangkat pemrosesan.

Motherboard : fungsinya adalah menghubungkan seluruh komponen penyusun sebuah computer , artinya mobo di sini mengemban tugas untk menghubungkan bahasa kode antar perangkat keras agar dapat disinergikan menjadi sebuah aktivitas kerja perangkat komputer.
Processor : fungsinya adalah mengeksekusi perhitungan kompleks yang memungkinkan computer untk bisa digunakan menjalankan program-program komputer, menjelajah internet, memutar lagu, dan menjalankan sistem operasi.
RAM (Random Access Memory) : fungsinya adalah sebagai tempat penyimpanan data sementara. Memory bekerja dengan menyimpan dan menyuplai data-data penting yg dibutuhkan Processor dengan cepat untuk diolah menjadi informasi.
VGA Card (kartu grafis) : fungsinya adalah untuk mengubah atau menerjemahkan sinyal digital dari komputer ke monitor untk menampilkan grafis atau menciptakan tampilan-tampilan pada layar monitor.
Power Supply (PSU) : berfungsi untuk menyalurkan arus listrik ke seluruh perangkat keras komputer.

3.Output Device

Output device adalah perangkat-perangkat komputer untuk menampilkan hasil akhir dari pengolahan yang dilakukan oleh CPU. Perangkat ini merupakan alat yg sangat penting peranannya bagi pengguna komputer karena akan memberikan hasil yg di inginkan dan dapat berbentuk pada sebuah media contohnya kertas. Berikut ini beberapa perangkat yg termasuk dalam output device.

Monitor : fungsinya adalah menampilkan dua data atau informasi dalam bentuk teks atau grafik.
Printer : fungsinya adalah untuk mencetak informasi yg dihasilkan oleh komputer pada media kertas.
Speaker : fungsinya adalah unit keluaran yg menghasilkan suara.

4.Storage Device

Storage atau biasa juga disebut memory adalah suatu tempat penyimpanan atau penampung data dan program. Contohnya seperti harddisk, flashdisk, cd dan lainnya yg berfungsi sebagai media penyimpanan data. Itulah penjelasan singkat mengenai perangkat keras (hardware) komputer , semoga bermanfaat.

Fungsi Perangkat Keras Dan Sistem Operasi, Serta Aplikasi
Fungsi Perangkat Keras Dan Sistem Operasi, Serta Aplikasi

Fungsi Perangkat Keras (Hardware) Komputer

1. Monitor

Monitor ini mempunyai fungsi sebagai alat output yaitu tempat untuk mengeluarkan hasil proses yang dilakukan oleh komputer berupa informasi yang dibutuhkan oleh pemakai komputer.

2. CPU (Central Processing Unit)

CPU berfungsi sebagai pengendali proses kinerja computer dengan kata lain yaitu sebagai tempat mengatur semua instruksi program pada komputer dan sebagai pengelola semua aktivitas kinerja di dalam komputer.

3. Printer

Printer berfungsi untuk untuk mencetak data seperti tulisan, gambar/foto pada kertas.

4. Scanner

Scanner ini seperti mesin fotocopy dan berfungsi untuk mengkopy data objek dan dipindahkan kedalam memory komputer dan hasilnya dapat dilihat pada monitor komputer.

5. Mouse

Mouse berfungsi untuk menunjuk posisi kursor / pointer pada layar komputer secara cepat.

6. Keyboard

Keyboard berfungsi untuk mengetik / memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta melakukan perintah-perintah untuk menyimpan file dan membuka file.

7. Speaker

Speaker berfungsi untuk merubah gelombang listrik dari perangkat audio menjadi gelombang suara atau getaran.

8. Modem

Modem berfungsi alat komunikasi dua arah dan saat ini lebih digunakan untuk menghubungkan komputer ke jaringan internet.

9. Stabilizer

Fungsi stabilizer untuk menstabilisikan tegangan listrik apabila voltase listrik turun.

10. Harddisk

Fungsi harddisk untuk menyimpan data komputer dan penyimpanan Operation System (OS) serta sebagai alat booting komputer.

11. RAM / Modul Memori

Fungsi RAM / Memori adalah sebgai perangkat yang menyimpan proses kinerja komputer untuk sementara sehingga membuat akses data yang sama lebih cepat.

12. Power Supply

Power Supply berfungsi sebagai penghantar arus listrik, kontrol voltase pada perangkat keras komputer.

13. Kabel Data

Kabel data berfungsi untuk mengirim data atau menerima data komputer.

14. Kabel VGA

Fungsi kabel VGA untuk menampilkan out put / hasil pengolahan data komputer dan selanjutnya bisa bisa dilihat di layar monitor.

15. Fan / Kipas

Fungsi fan adalah sebagai pendingin perangkat komputer, seperti processor, harddisk

16. LAN Card

Fungsi LAN Card untuk menghubungkan antara komputer satu dengan yang lainnya dalam jaringan LAN

17. Motherboard

Fungsi Motherboard / Mobo sebagai wadah / papan sirkuit utama tempat macam-macam komponen elektronik yang saling terhubung yang memiliki chip bios, jalur-jalur dan juga konektor sebagai penghubung dari masing-masing perangkat yang terpasang.

18. Processor

Fungsi processor untuk merespon dan mengolah segala intruksi yang menghidupkan komputer.

19. Headsets

Fungsi headsets untuk mendengarkan suara dan berbicara dengan perangkat komunikasi atau komputer.

20. Microphone

Fungsi microphone adalah menangkap gelombang suara dan mengubahnya menjadi arus listrik.

21. CD-Room

Fungsi Cd-Room sebagai tempat untuk proses burning, copy CD dan install software menggunakan CD/DVD.

22. CD / DVD

Fungsi CD/DVD untuk menyimpan data

23. Flashdisk

Fungsi Flashdisk untuk menyimpan data-data

24. Webcam

Fungsi Webcam sebagai alat bantu pada komputer misalnya untuk melihat gambar orang yang diajak chatting.

25. Joystick

Fungsi joystick sebagai alat bantu untuk memainkan permainan / game.

26. Video Adaptor atau GPU

Fungsi Video Adaptor sebagai penghubung peralatan proses data dengan peralatan output berupa layar monitor dan juga dapat memaksimalkan fungsi layar sehingga dapat menampilkan grafis dalam resolusi dan kualitas warna yang terbaik dan juga dapat mempercepat kinerja software Operation System.

27. Sound Card

Fungsi Sound Card sebagai penghubung output audio ke speaker, penghubung input suara ke komputer melalui mikrofon.

28. UPS

Fungsi UPS untuk menyimpan/menyediakan arus listrik tambahan

29. Barcode

Fungsi Barcode untuk membaca kode yang berbentuk kotak atau garis lalu diterjemahkan dalam bentuk angka-angka, biasanya terdapat pada kasir supermarket.

 

Fungsi Sistem Operasi

sistem operasi berfungsi untuk mengelola komputer dan proses-proses yang berjalan dikomputer serta semua perangkat keras dan perangkat lunak. Saat kamu menjalankan beberapa perangkat lunak secara bersamaan di komputer kamu, maka sistem operasilah yang akan mengatur segala proses tersebut untuk memastikan setiap perangkat lunak dapat berjalan normal dalam mengakses ke CPU, memori dan media penyimpanan.

Berikut merupakan 7 fungsi utama dari sistem operasi:

1. Untuk Menjalankan Operasi Dasar

Salah satu paling utama dari Sistem Operasi adalah untuk menjalankan operasi dasar pada komputer. Sistem inilah yang mendasari kerja dari perangkat lunak maupun software lainnya. Sistem operasi memungkinkan untuk program ataupun aplikasi untuk dapat berjalan dan ditampilkan kepada pengguna (user) yang menggunakan perangkat komputer tersebut.

2. Untuk Mengatur Kerja Hardware dan Software

Sistem operasi berfungsi untuk mengontrol fungsi perangkat keras seperti CPU, memori, hardisk, maupun perangkat keras lainnya dan juga mengatur fungsi program software supaya dapat terhubung dengan perangkat keras tersebut. Karena itulah, sistem operasi juga disebut sebagai Resource Manager.

3. Tempat untuk Program dan Aplikasi

Pada dasarnya, Aplikasi-aplikasi yang terdapat didalam komputer kita sebenarnya berada di dalam sistem operasi itu sendiri, meski aplikasi-aplikasi tersebut tersimpan dalam perangkat penyimpanan.

Sebagai analoginya, semisal sistem operasi itu sendiri diibaratkan sebagai lantai, dan tempat penyimpanan sebagai meja, dan aplikasi sebagai buku yang dilatakkan diatas meja, sedangkan meja berada diatas lantai. Tanpa lantai, meja tidak dapat berdiri maupun tidak dapat digunakan. Karena itu, meja tidak akan berfungsi jika lantai tidak ada sebagai pondasi yang mendasarinya.

5. Untuk Mengkoordinasi Kerja dari Perangkat Komputer

Fungsi selanjutnya adalah untuk mengkoordinasikan segala hal didalam komputer terutama penyusunan program yang kompleks menjadi lebih sederhana dan berurutan. Ini akan memudahkan aplikasi supaya dapat bekerja dengan lebih efisien.

6. Mengoptimalkan Fungsi Perangkat Komputer

Sistem operasi juga berfungsi untuk mengoptimalkan penggunaan perangkat keras maupun perangkat lunak. Sebagai contoh, dalam hal pemanggilan data yang tersimpan pada memori hardisk dan mengatur waktu yang digunakan untuk terhubung ke dalam terminal.

7. Untuk Mengawasi dan Melindungi Jalannya sebuah Fungsi Program

Sistem operasi dapat mengatur user yang memiliki hak akses untuk bisa mengakses komputer dalam menjalankan program maupun mengendalikan siapa saja yang dapat mengakses program tersebut. Dalam hal ini, dikenal sebagai fungsi Gate Keeper. Sistem operasi juga mengawasi segala hal yang dilakukan pengguna dalam mengakses sistem program dalam komputer.

Sistem operasi juga melindungi semua file yang tersimpan dalam komputer kita sehingga file-file tersebut hanya bisa diakses oleh pengguna yang memiliki hak akses agar bisa mengaksesnya.

Untuk Menyajikan Tampilan dan Sebagai Interface ke Pengguna
Sistem operasi memudahkan aplikasi berjalan sekaligus menampilkan ke layar monitor komputer dengan menterjemahkan bahasa pemrograman yang berasal dari CPU. Yang ditampilkan oleh Sistem Operasi dapat berbentuk teks, grafis, maupun tampilan lainnya yang dapat dimengerti oleh pengguna komputer. Peranan Sistem Operasi juga sebagai inteface (tatap muka) antara pengguna dengan perangkat keras komputer.

 

Fungsi Aplikasi Di Berbagai Bidang Kehidupan

Aplikasi ini diciptakan tentunya memiliki fungsi atau kebermanfaatannya sendiri, lalu apa saja fungsi aplikasi dalam kehidupan? Berikut lima fungsi aplikasi dalam bidang kehidupan, antara lain:

1. Pendidikan

Dalam bidang pendidikan aplikasi dapat dijadikan sebagai media dalam menyampaikan materi pembelajaran, contohnya aplikasi Microsoft power point. Dengan menggunakan aplikasi tersebut, maka kegiatan belajar-mengajar menjadi lebih aktif dan interaktif. Karena dengan menggunakan aplikasi seprti MS power point ini suasana kelas akan menjadi lebih hidup.

2. Kedokteran

Tidak hanya dalam bidang pendidikan, ada juga aplikasi yang berkembang dalam bidang kedokteran. Seperti aplikasi yang digunakan untuk mendiagnosa penyakit.

3. Bisnis

Tujuan utama dalam bisnis, yakniuntuk mendapatkan keuntungan. Nah, aplikasi juga berperan dalam kegiatan bisnis. Misalnya saja, dengan adanya aplikasi penghitung keuntungan baik dengan aplikasi MS Excel ataupun lainnya, besarnya keuntungan yang diperoleh perusahaan akan lebih cepat diketahui dibandingkan dengan dihitung secara manual. Sehingga tidak membuang-buang waktu yang ada.

4. Ilmu Pengetahuan

Fungsi aplikasi berikutnya yaitu aplikasi memiliki fungsi dalam bidang ilmu pengetahuan, dimana dengan adanya aplikasi kita dapat memperoleh informasi yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan dari berbagai sumber. Sehingga hal ini dapat membantu kamu dalam memperluas ilmu pengetahuan yang kamu miliki guys.

5. Militer

Fungsi yang terkahir yaitu dalam bdiang militer. Tidak hanya dalam bidang pendidikan, bisnis atau[un kedokteran aplikasi ini bermanfaat. Namun, dalam bidang militer aplikasi juga memiliki peranan yang amat penting. Misalnya aplikasi yang digunakan untuk mengontrol pesawat. Dengan begitu pekerjaan dan hasilnya akan lebih maksimal dibandingankan dengan cara yang manual.

 

Gambar Gravatar
Jangan pernah membandingkan dirimu dengan orang lain, alasannya ialah iri hati hanya akan membuatmu tersiksa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *