Pengertian dan Penjelasan Singkat Opinion Paragraph

Pengertian dan Penjelasan Singkat Opinion Paragraph

Posted on

Pengertian dan Penjelasan Singkat Opinion Paragraph dan Contohnya

Terdapat beberapa jenis paragraf dan teks dalam bahasa Inggris, seperti teks prosedur (procedure text), teks deskripsi (description text), paragraf opini (opinion paragraph), dan sebagainya. Sebuah paragraf yang berisi fakta dan opini dapat disebut sebagai paragraf opini (opinion paragraph). Berikut ini adalah pengertian  dan penjelasan singkat opinion paragraph dan contohnya.

A. Pengertian Opinion Paragraph

Dalam kehidupan sehari – hari, setiap orang pasti memiliki pendapat yang berbeda tentang sebuah topik / isu dan membicarakannya dengan orang lain. Beberapa contoh isu tersebut yaitu do you agree with restrictions on teenagers during their first year of driving? (apakah kamu setuju dengan larangan yang menyatakan bahwa remaja dilarang menyetir pada tahun pertamanya?), should smoking be allowed everywhere? (apakah merokok harus diizinkan di setiap tempat?), dan sebagainya.

Hampir setiap orang pasti pernah menuliskan pendapatnya. Pasti teman – teman akan menemukan surat / paragraf yang berisi pendapat penulis akan sebuah isu pada bagian “Editorial” pada setiap koran. Mengemukakan pendapat dapat terjadi di mana saja. Pada saat di kelas pun ada kalanya kita diminta untuk mengemukakan atau menulis pendapat kita akan suatu hal.

Opinion paragraph (paragraf opini) adalah sebuah paragraf yang berisi pendapat / pemikiran seseorang akan suatu hal yang digunakan untuk membujuk para pembaca agar mendukung pendapat mereka.

 

B. Cara Menulis Opinion Paragraph

Agar dapat menulis sebuah opinion paragraph dengan baik, terdapat beberapa hal yang harus dilakukan yaitu sebagai berikut:

  1. Write your opinion in the topic sentence clearly.

(Tulislah pendapatmu pada kalimat utama dengan jelas)

2. Explain each reason in logical order.

(Jelaskan setiap alasan dengan urutan yang logis)

3. Use facts to support each reason.

(Berilah beberapa fakta untuk mendukung setiap alasanmu)

4. Finish your paragraph with a concluding sentence at the end.

(Akhirilah paragrafmu dengan sebuah kalimat kesimpulan pada bagian akhir)

C. Penjelasan Facts and Opinions

Opinions (opini) adalah pernyataan yang berasal dari keyakinan / pemikiran seseorang akan suatu hal. Ungkapan seperti, “I believe …”, “I think that …”, atau “According to me, …” digunakan untuk menyatakan pendapatmu. Opinions berbeda dengan facts. Opini dapat disetujui atau tidak oleh masyarakat. Namun, facts (fakta) adalah pernyataan yang benar adanya.

Bacalah beberapa kalimat di bawah ini dan bedakanlah kalimat yang berupa kalimat fakta kalimat opini.

The sun rises in the east. (Matahari terbit di timur) The sunrise was beautiful this morning.(Sinar mathari sangat indah pagi ini)
This lake’s temperature is under 10oC. (Temperatur di danau ini adalah di bawah 10o C) The lake is too cold for swimming. (Danau tersebut sangat dingin untuk berenang)
Based on the police reports, it is dangerous to use cell phone while driving. (Berdasarkan laporan kepolisian, penggunaan handphone saat mengemudi berbahaya) Using a cell phone while driving is dangerous. (Menggunakan handphoneketika mengemudi berbahaya)
It was forbidden for women to vote in the United States until 1920.(Wanita tidak boleh mengikuti pemilihan suara di Amerika Serikat sampai tahun 1920) Everyone should vote. (Setiap orang harus ikut mengambil suara ketika pemilihan)
Mr. Vance said, “I am a bad father.” (Pak Vance berkata, “Saya adalah ayah yang buruk.”) Mr. Vance is a bad father. (Pak Vance adalah seorang ayah yang buruk)

Penjelasan:

Kolom bagian kiri berisi kalimat – kalimat yang menyatakan kebenaran / fakta (facts). Bahkan kalimat terakhir Mr. Vance said, “I am a bad father.” adalah sebuah fakta. Kalimat tersebut berupa fakta bahwa dia (Mr. Vance) mengatakan hal tersebut (Mr. Vance mengatakan sesuatu). Namun, apa yang dia katakan bahwa – “I am a bad father” – adalah sebuah pendapat (opinion). Namun, hal yang merupakan fakta adalah ketika Mr. Vance mengatakan sesuatu tentang dirinya.

Sementara kolom bagian kanan berisi kalimat opini (opinion). Opini dapat disetujui atau tidak oleh setiap orang. Sebuah pendapat juga terkadang dapat berupa kebenaran atau tidak.

Dalam menulis sebuah paragraf opini (opinion paragraph), kamu dapat menuliskan pendapatmu tentang sebuah hal, namun paragrafmu akan memiliki efek yang lebih kuat untuk diyakini para pembaca jika kamu menambahkan beberapa fakta yang akan mendukung pendapatmu tersebut.

D. Contoh Opinion Paragraph

Video Games and Violence

According to me, violent video games are harmful to young people. First, playing these games can cause changes in the behavior of young people. Frequent players have poorer grades in school, according to studies by psychologists. The next reason is that violent video games make young people less sensitive to violence in the real world. The games are toxic to children that make it looks fun to shoot and kill, and the line between play violence and real violence becomes very thin or disappears entirely. The last reason is that violent video games teach players to use violence to solve problems. Classmates usually tease each other, but don’t make this anger you and do something that you will regret. In short, I feel that violent video games are harmful to young people and should be controlled – or, even better, banned.

Pengertian  dan penjelasan singkat opinion paragraph dan contohnya diharapkan dapat membantu teman – teman memahami lebih jauh tentang jenis paragraf tersebut. Semoga bermanfaat!

Gambar Gravatar
Jangan pernah membandingkan dirimu dengan orang lain, alasannya ialah iri hati hanya akan membuatmu tersiksa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *