Contoh Soal & Pembahasan Ruang Lingkup Biologi

Diposting pada
77 viewsSoal Biologi
0

1.Fenomena kematian ikan secara massal di suatu perairan pantai yang disertai perubahan fisik air laut menjadi kemerahan dan kemunculan organisme bersel tunggal yang melimpah merupakan masalah yang harus dipecahkan oleh ahli Biologi. Penanganan masalah tersebut melibatkan objek Biologi dengan pendekatan cabang ilmu dan tingkat organisasi Biologi….
a. iktiologi-populasi
b. toksikologi-populasi
c. fisiologi-komunitas
d. sitologi-sel
e. ekologi-individu

PEMBAHASAN :
Fenomena adanya kematian ikan dapat diindikasikan adanya pencemaran racun dalam air. Ilmu yang mempelajari tentang pencemaran yaitu toksikologi. Karena yang mengalami kematian hanya jenis ikan saja maka tingkat organisasi biologinya yaitu pada tingkat populasi, populasi merupakan sekumpulan individu dengan ciri-ciri yang sama (spesies) yang hidup di tempat yang sama dan memiliki kemampuan bereproduksi di antara sesamanya. Penjelasan pilihan lainnya:

iktiologi : cabang ilmu zoologi yang mempelajari kehidupan (biologi) ikan.
fisiologi : salah satu dari cabang-cabang biologi yang mempelajari berlangsungnya sistem kehidupan.
sitologi : ilmu yang mempelajari tentang sel
ekologi : ilmu yang mempelajari interaksi antara organisme dengan lingkungannya dan yang lainnya.
sel : kumpulan materi paling sederhana yang dapat hidup dan merupakan unit penyusun semua makhluk hidup.
komunitas : sebuah kelompok sosial dari beberapa organisme yang berbagi lingkungan, umumnya memiliki ketertarikan dan habitat yang sama.
individu : organisme tunggal
Jawaban B

2. Penggunaan stem cell (sel punca) untuk terapi diabetes melitus tipe 1 dilakukan berdasar pada prinsip pluripotensi stem cell dalam hal kemampuan berdiferensiasi. Terapi tersebut melibatkan objek biologi yang dikaji dalam cabang ilmu dan tingkat organisasi….
a. anatomi-sel
b. fisiologi-organ
c. embriologi-jaringan
d. genetika-molekul
e. histologi-jaringan

PEMBAHASAN :
Penggunaan stem cell merupakan kajian biologi mengenai jaringan yang dipelajari melalui ilmu histologi. Yaitu ilmu yang mempelajari tentang struktur jaringan secara detail menggunakan mikroskop pada sediaan jaringan yang dipotong tipis. Sel punca memiliki kemampuan untuk membentuk jaringan yang baru menggantikan jaringan lama salah satunya digunakan dalam pengobatan diabetes melitus tipe 1. Maka objek biologi yang dikaji ada pada tingkat jaringan.
Jawaban E

3. Alelopati merupakan mekanisme kimiawi tumbuhan dalam menghadapi kompetisi dengan tumbuhan lain. Fenomena tersebut dipelajari pada tingkat organisasi dan objek biologi yang dikaji melalui cabang ilmu….
a. komunitas-fisiologi
b. individu-ekologi
c. populasi-evolusi
d. organ-morfologi
e. komunitas-ekologi

PEMBAHASAN :
Alelopati merupakan cara kerja tumbuhan menghadapi persaingan dengan tumbuhan lainnya. Ilmu yang mempelajari mekanisme suatu makhluk hidup yaitu fisiologi atau ilmu mekanis, fisik, dan biokimia fungsi makhluk hidup, organ-organ mereka, dan sel-sel yang mereka tersusun. Alelopati tersebut digunakan tumbuhan untuk menghadapi kompetensi dari tumbuhan yang lain atau dari kumpulan populasi yang terdiri dari berbagai spesies tumbuhan yang saling berinteraksi dalam suatu habitat, dengan kata lain berada dalam suatu komunitas. Penjelasan lain pilihan jawaban:

ekologi : ilmu yang mempelajari interaksi antara organisme dengan lingkungannya dan yang lainnya.
evolusi : perubahan pada sifat-sifat terwariskan suatu populasi organisme dari satu generasi ke generasi berikutnya
morfologi : cabang biologi yang mempelajari bentuk dan struktur organisme dan fitur struktural spesifik mereka.
Jawaban A

4. Kontribusi biologi dalam pemecahan masalah pangan, antara lain dapat dilakukan melalui teknik poliploidisasi menggunakan kolkisin untuk menghasilkan tanaman pangan unggul dengan produktivitas tinggi. Penelitian untuk tujuan tersebut dilakukan terhadap objek tumbuhan dengan melibatkan perpaduan cabang ilmu Biologi….
a. Biokimia-Genetika
b. Biokimia-Morfologi
c. Sitologi-Anatomi
d. Genetika-Evolusi
e. Taksonomi-Evolusi

PEMBAHASAN :
Tanaman pangan unggul yang dihasilkan menggunakan kolkisin yaitu buah tanpa biji yang dapat menghambat pententukan benang spindel dari mikrotubulus. Proses ini melibatkan proses kimiawi dan ilmu yang mempelajarinya yaitu biokimia. Sedangkan untuk mempelajari genetika dan hereditasnya perlu dipelajari menggunakan ilmu genetik
Jawaban A

5. Fenomena merebaknya keong emas yang semula diintroduksi sebagai binatang hias, tetapi berubah menjadi hama pertanian merupakan masalah yang perlu ditangani dengan pendekatan biologi. Objek Biologi tersebut diteliti dalam cabang ilmu dan tingkat organisasi Biologi….
a. taksonomi-populasi
b. ekologi-biosfer
c. evolusi-ekosistem
d. ekologi-populasi
e. evolusi-komunitas

PEMBAHASAN :
Keberadaan keong emas yang berubah peran dari binatang hias menjadi hama pertanian dapat dikaji dengan ilmu yang membahas hubungan antara makhluk hidup dan hubungan makhluk hidup dengan lingkungannya yaitu ekologi sedangkan tingkat organisasinya karena hanya melibatkan kumpulan keong emas maka dikatakan berada pada tingkat populasi yaitu sekumpulan individu sejenis yang menempati suatu daerah pada waktu tertentu.
Jawaban D

Changed status to publish
Add a Comment
Write your answer.
Silahkan nonaktifkan adblock anda untuk membaca konten kami.
Segarkan Kembali