Soal tentang kerjasama ekonomi internasional dan perdangangan internasional

Diposting pada

16. Jelaskan 5 Fungsi dari penggunaan Letter of Credit (L/C) yang anda ketahui!
Jawaban:
a. Merupakan suatu perjanjian yang dibuat oleh bank untuk menyelesaikan transaksi perdagangan internasional
b. Memberikan pengamanan bagi pihak-pihak yang terlibat dalam transaksi yang diadakannya.
c. Menjamin pembayaran, asalkan persyaratan L/C terpenuhi.
d. Merupakan instrument pembayaran yang didasarkan atas dokumen-dokumen dan bukan atas barang dagangan atau jasa.
e. Membantu Issuing Bank memberikan fasilitas pembayaran kepada importir dan memonitor penggunannya

2. Sebutkan faktor-faktor yang mendorong suatu negara melakukan perdagangan internasional!Jawaban:
a. Keinginan memperoleh keuntungan (devisa) untuk meningkatkan penerimaan negara
b. Perbedaan sumber daya alam
c. Perbedaan kemampuan sumber daya manusia
d. Perbedaan selera konsumen
e. Keinginan membuka kerja sama, hubungan politik dan dukungan dari negara lain,
g. Era globalisasi

3. Jelaskan teori keunggulan absolut dan teori keunggulan komparatif!
Jawaban: teroi keunggulan absolut dari Adam Smith sering disebut sebagai teori murni perdagangan internasional. Adam Smith mengemukakan bahwa suatu negara akan melakukan spesialisasi produksi terhadap suatu jenis barang tertentu yang memiliki keunggulan absolut (absolute advantage) dan tidak memproduksi atau melakukan impor jenis barang lain yang tidak mempunyai keunggulan absolut (absolute disadvantage) terhadap negara lain yang memproduksi barang sejenis.
Munculnya teori keunggulan komparatif dari J.S. Mill dan David Ricardo menyempurnakan teori keunggulan absolut. J.S.Mill beranggapan bahwa suatu negara akan mengkhususkan diri pada ekspor barang tertentu bila negara tersebut memiliki keunggulan komparatif (keunggulan relatif) terbesar, dan akan mengkhususkan melakukan impor barang, bil anegara tersebut memiliki kerugian komparatif (kerugian relatif). Atau dengan kata lain, suatu negara akan melakukan ekspor barang, bila barang itu dpat diproduksi dengan biaya relatif lebih rendah, dan akan melakukan impor barang, bila barang itu diproduksi sendiri akan memerlukan biaya produksi yang lebih besar. David Ricardo mempunyai pemikiran yang senada, yaitu perdagangan internasional antara dua negara akan terjadi bila masing-masing memiliki biaya relatif yang terkecil untuk jenis barang yang berbeda.

4. Sebutkan peranan perdagangan internasional terhadap perekonomian nasional!
Jawaban: peran perdagangan internasional adalah perdagangan yang dilakukan suatu negara dengan negara lain atas dasar saling percaya dan saling menguntungkan. Perdagangan internasional tidak hanya dilakukan oleh negara maju saja, namun juga Negara berkembang. Perdagangan internasional ini dilakukan melalui kegiatan ekspor impor. Penduduk yang dimaksud dapat berupa antar perorangan (individu dengan individu), antara individu dengan pemerintah suatu negara atau pemerintah suatu negara dengan pemerintah negara lain. Dibanyak negara, perdagangan internasional menjadi salah satu faktor utama untuk meningkatkan GDP. Meskipun perdagangan internasional telah terjadi selama ribuan tahun, dampaknya terhadap kepentingan ekonomi, sosial, dan politik baru dirasakan beberapa abad belakangan. Perdagangan internasional pun turut mendorong industrialisasi, kemajuan transportasi, globalisasi dan kehadiran perusahaan multinasional.

5. Apakah perbedaan antara kurs jual dengan kurs beli!
Jawaban:
– kurs jual merupakan kurs yang dipakai apabila bank/money changer ingin menjual uang asing (valuta asing/valas) kepada kita atau jika Anda ingin menukarkan rupiah dengan uang asing. Atau bisa diartikan kurs jual merupakan harga jual mata uang/valas oleh bank/money changer.
– Kurs beli merupakan kurs yang dipakai apabila bank/money changer ingin membeli uang asing dari kita atau jika kita ingin menukarkan uang asing dengan rupiah. Atau bisa diartikan sebagai kurs yang telah diberlakukan bank apabila melakukan pembelian mata uang asing atau valas.

6. Apa yang dimaksud dengan devisa?
Jawaban: devisa adalah valas yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran luar negeri dan dapat diterima di dunia internasional yang biasanya berada dalam pengawasan otoritas moneter, yaitu Bank Sentral. Dalam kegiatan perdagangan internasional, misalnya kegiatan ekspor dan impor, diperlukan alat pembayaran yang diakui oleh dunia yang alat pembayaran tersebut menggunakan mata uang kuat (hard currencies).

7. Sebutkan cara-cara pembayaran dalam perdagangan internasional!
Jawaban:
a. Pembayaran dengan surat wesel dagang (ommercial bill of exchange atau commercial draft atau trade bill)
b. Kompensasi pribadi (private compensation)
kompensiasi pribadi adalah adalah cara pembayaran dengan mengalihkan penyelesaian utang piutang pada seseorang penduduk dalam satu negara tempat penduduk tersebut tinggal.
c. Pembayaran tunai (cash payment) atau pembayaran di muka
pembayaran tunai atau pembayaran di muka adalah pembayaran yang dilakukan dengan menggunakan uang tunai atau cek, yang dilakukan bersama-sama dengan surat pesanan atau menunggu diterimanya kabar bahwa barang yang telah dipesan dikapalkan oleh eksportir.

8. Sebutkan macam-macam wesel?
Jawaban: wesel umum, wesel atas pengganti penerbit, wesel atas penerbit sendiri, wesel untuk penghitungan pihak ketiga, wesel inkasso, dan wesel berdomisili

9. Jelaskan mekanisme pembayaran wesel dalam perdagangan!
Jawaban:
a) wesel umum yaitu surat wesel dimana ada seluruhnya pihak yang terkait dengan wesel itu.
b) wesel atas pengganti penerbit yaitu wesel yang diterbitkan untuk diri penarik sendiri
c) wesel atas penerbit sendiri yaitu wesel yang diterbitkan oleh penarik, namun pihak tertarik yaitu pihak penarik tersebut.
d) wesel untuk penghitungan pihak ketiga yaitu wesel yang diterbitkan oleh penarik sendiri, namun diterbitkan oleh pihak ketiga untuk penarik tersebut.
e) wesel inkasso yaitu wesel yang memberi kuasa pada pemegangnya untuk menagih beberapa duit, hingga wesel ini tidak bisa digeser tangankan.
f) wesel berdomisili yaitu surat wesel yang pembayarannya dikerjakan oleh orang lain.

10. Apakah yang dimaksud dengan perdangan internasional!
Jawaban: kegiatan jual beli barang atau jasa yang dilakukan oleh dua atau lebih suatu negara guna memenuhi kebutuhan bersama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *